Senin, 30 September 2019

[Review] Novel C’est La Vie



Judul                     : C’est La Vie
Penulis                 : Mirna Basthami
Penerbit              : Bhuana Ilmu Populer
Cetakan               : Pertama, Desember 2018
Tebal                     : 132 halaman




Setiap orang pasti harus membuat keputusan di kehidupannya.  Entah saat memilih jurusan di sekolah, kuliah, bahkan saat menjelang dewasa. Keputusan itu tentu diiringi dengan pertimbangan yang matang. Karena kita bertanggung jawab pada keputusan yang telah kita ambil.

Novel C’est La Vie menceritakan kehidupan Maura yang dipenuhi dengan keputusan yang sulit. Ia diminta orangtuanya menikah dengan Arya ketika Maura sendiri ragu. Tapi, akhirnya Maura menurut karena desakan orangtuanya.

Setelah menikah, hubungan rumah tangganya berjalan mulus. Tetapi semakin hari, timbul masalah-masalah pelik. Hingga akhirnya Arya menipu Maura secara finansial. Hal ini yang membuat Maura sedih.

Love begins with a smile, grows with a kiss, ends with a tear (halaman 12).

Maura bekerja keras untuk membayar semua utang Arya atas nama dirinya. Ia mencoba menghubungi Arya berkali-kali, tapi Arya memang pergi tanpa mau bertanggung jawab. Masalah ini, Maura simpan rapat-rapat. Kecuali pada Sofia, sahabatnya.

Karena tidak tega, Sofia ikut membantu Maura. Tak hanya itu, Raka, kakak Sofia pun juga turut membantu. Raka merasa tersentuh dengan keteguhan Maura.

“… Kami kagum dengan ketegaran dan kesabaranmu. Oleh karena itu, kami berdua sangat menghargai dirimu…” (halaman 93).

Seiring berjalannya waktu, Raka justru jatuh cinta dengan Maura. Sementara Maura masih merasa masalahnya dengan suaminya belum selesai. Bagaimana kelanjutan hubungan mereka?

Novel ini begitu manis dan sedih sekaligus. Pembaca akan diajak mengikuti kehidupan Maura yang dipenuhi lika-liku. Dengan alur cepat, rasanya tidak ada adegan yang terlewatkan. Di buku ini juga terselip kutipan dan sajak yang menghibur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar