Jumat, 06 Januari 2017

31st Days Of Love


Judul               : 31st Days Of Love
Penulis             : Yolanda Ivanka
Penerbit           : Loveable
Cetakan           : Pertama, 2016
Tebal               : 308 halaman
ISBN               : 978-602-6922-26-7



Blurb
Ini cuma satu bulan, tiga puluh satu hari.
Semua murid dan guru di SMA Bakti Luhur pasti tahu siapa Arya dan Della, dua biang onar yang tak pernah bisa berdamai.
Klub Jurnalistik memutuskan untuk memasukkan nama keduanya sebagai ‘target’ untuk kegiatan 31st Days of Love di awal bulan ini. Tujuan kegiatan ini tidaklah muluk, hanya ingin menenteramkan sekolah dari segala keributan target mereka di bulan itu, Arya dan Della.
Jangan terlalu mendalami peran. Jangan terlalu penasaran.
Tiga puluh satu hari, Arya dan Della akan menjadi pasangan, menjalani event bersama dan… salah satu dari mereka terlalu mendalami perannya. Salah satu dari mereka ingin semua ini benar-benar selamanya. Tapi, salah satu dari mereka juga terlalu banyak menyimpan rahasia yang bisa saja menghancurkan hubungan mereka. 

 ***

Ini cuma satu bulan tiga puluh hari. (halaman 4)

***
Tim Jurnaslistik memutuskan nama Della Putri Adilanta dan Arya Ananta sebagai target permainan 31st Days of Love di bulan maret. Tujuan permainan 31st Days of Love untuk menentramkan situasi sekolah dari segala jenis permusuhan. Peraturannya mudah, Tere-selaku ketua tim jurnalistik akan mengontrol serta memberi mereka tempat untuk menjalankan malam minggu layaknya orang berpacaran dan setiap di sekolah, mereka harus bersama terus.
Della tentu saja menolak. Sejak kejadian di perpustakaan, Della menjadi sangat membenci Arya dan memutuskan untuk menghindari Arya dari segala aktivitas membolosnya.  Namun di luar dugaan, Arya menyetujui permainan yang menurutnya tidak buruk juga. Menantang Della, jika ia tidak menyukai Arya maka ia harus mengikuti permainan ini sampai selesai. Membuktikan, bahwa Della tidak akan jatuh cinta pada Arya.
Jangan terlalu mendalami peran. Jangan terlalu penasaran. (halaman 78)
Kedekatan  mereka dimulai dari tanggal 2 maret, Della yang pintar namun tertutup memiliki segudang rahasia yang tidak Arya tahu. Masalah dengan orang tuanya dan hanya rindu pada Raya yang menuntunya untuk pulang. Selebihnya, ia memilih tinggal di apartemen. Sendiri dengan kehidupan pribadinya. Arya yang ceria, mudah bergaul tapi juga malas sering membuat Bundanya menggeleng kesal. Hingga Miss Ava, meminta mereka berdamai yang langsung disetujui Della, membuat Arya kaget. Wajah Della tidak sama lagi, ada rahasia yang dipendam. Perkataan Della yang menyebut cinta palsu membuat Arya mencari tahu tentang Della lebih dalam. Hingga seseorang dari masa lalu mengancam akan menghilangkan nyawa Arya jika masih berurusan dengan Della dan pertahanan Della yang membuat runtuh. Ada apa dengan Della? Apa rahasianya selama ini?
Hanya tinggal sembilan hari lagi dan hubungan sementara mereka akan berakhir. (halaman 142)
Novel 31st Days of Love adalah novel bergenre fiksi, menggunakan gaya bahasa remaja terutama karena penulisnya sendiri baru menginjak usia 16 tahun. Cerita ini berfokus pada dua tokoh sentral yang salah satu memiliki masalah hidup rumit. Membaca novel ini membuat kita menyelami tokoh Della sebagai tokoh emosional dan penuh misteri. Tidak hanya itu, alur yang digunakan adalah maju-mundur karena penulis selalu menyelipkan adegan tokoh yang memikirkan adegan lampau. Di setiap akhir bab selalu diselipkan kutipan yang mewakili keseluruhan cerita, dengan font berbeda dan warna abu memberi kemudahan pembaca untuk menemukan kutipan yang ia suka.

4 komentar: