Selasa, 07 Februari 2017

[Review] Aku Keren!!

Judul               : Aku Keren!!
Penulis             : Nurhayati Pujiastuti
Penerbit           : Bhuana Ilmu Populer
Cetakan           : Pertama, Juli 2016
Tebal               : 340 halaman
ISBN               : 9786023941841

Blurb
 Keren adalah impian semua orang, khususnya remaja!
Tapi, apa kamu tahu keren itu kayak apa?
Remaja yang keren itu remaja yang tahu apa yang diinginkan:
baik hati, tidak sombong, dan sopan pada orangtua.
Eits, nggak susah kok!! Semua remaja bisa menjadi remaja yang keren asal mau bersabar dan tidak mudah menyerah.
Tertarik?? Yuk, ikuti semua langkah menjadi keren yang ada di dalam buku ini.



Dunia remaja ini dunia yang pasti membuat kamu dihinggapi perasaan aneh. Di samping karena perubahan hormon yang akan membuat kamu tumbuh tinggi, perubahan suara yang juga membesar, otak atau pola pikir pun berubah (hlm 17)

***

Usia remaja yakni direntan 12-18 tahun. Hubungan dengan orangtua pun jadi berbeda. Orangtua cendrung lebih cerewet. Kamu yang remaja tidak lagi mengikuti orangtua layaknya saat anak-anak. Perbedaan ini yang akhirnya sering menjadi jurang.
Menjadi remaja bukanlah hal mudah, tapi juga tidak sulit. Masa transisi ini yang harusnya membuat kamu sebagai remaja melakukan banyak aktifitas positif dan memahami diri sendiri. Tak bisa dipungkiri kalau orangtua sering kali memperlakukanmu cendrung lebih keras. Tapi, bukan berarti kasar, namun karena kamu sebagai remaja perlu pemahaman dan pelajaran baru.

Tubuh kamu terus berkembang, pola pikir dan hormon tumbuh. Tiga hal itu yang harus kamu kuasai. Kamu harus sadar bahwa kamu bukan lagi anak-anak yang bisa terus merengek, ngambek atau minta dimandiin orangtua. Perubahan dalam diri kamu adalah hal wajar. Karena itu sering-seringlah berkomunikasi dengan orangtua. Jika perempuan sudah mengalami menstruasi, berkonsultasilah pada Ibu. Jika lelaki sudah mengalami mimpi basah, berkomunikasilah pada Ayah. Cara-cara itu justru mendekatkan kamu sebagai remaja ke orangtua.

Selain itu, kamu yang remaja juga harus pandai memilih-milih teman. Pilihlah teman yang membawa kamu ke hal positif. Cara mengetahui teman kamu baik atau tidak adalah dengan ajakannya. Jika ajakannya bersifat positif berarti dia teman baik. Seperti mengajak shalat berjamaah, belajar kelompok atau berlatih eskul. Sementara teman yang tidak baik akan mengajakmu ke hal negatif. Seperti, merokok, bermain hingga larut malam, mencuri dan akhirnya kamu jadi malas dan sering melawan orangtua. Di masa remaja seperti sekarang ini, banyak sekali merasa yang memiliki masalah dengan orangtuanya. Masalah yang paling sering muncul adalah membantah orangtua (hlm. 54).

Semua orangtua ingin hal terbaik untuk anaknya. Maka jangan heran jika orangtua kamu lebih menyebalkan dibanding masa kanak-kanak. Selain memilih teman di dunia nyata, kamu juga harus pandai memilih teman dunia maya. Tak terelakkan kalau zaman serba maju ini menuntut untuk selalu up to date. Tak salah jika memiliki gadget, tapi salah ketika menggunakannya untuk hal negatif. Berhati-hatilah memilih teman. Kita sadari bahwa kejahatan dunia maya sering terjadi bahkan meningkat tiap tahunnya.

Buku ini mengupas tentang masalah remaja yang sering terjadi karena perubahan hormon. Bukan hanya itu, ada juga tips dan trik untuk remaja. Pada bab awal, buku ini membahas tentang perubahan perilaku usia remaja secara umum, hingga mendetail ke bab selanjutnya.

Meski buku ini ditujukan untuk remaja, kamu juga bisa membacanya bersama orangtua. Dari cara berpakaian yang sopan, adab mengucapkan terima kasih-tolong-maaf, dan cara elegan menyukai idola (menjadi fans bola, penyanyi atau sejenisnya). Dipaparkan dengan asyik tanpa menggurui, kamu akan menyukai lembar demi lembar halaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar